Sistem Kinerja Mesin Genset Untuk Mengalirkan Arus Listrik

Sistem Kinerja Mesin Genset Untuk Mengalirkan Arus Listrik

Eragenset – Dalam pengoperasiannya, genset membutuhkan sistem pendukung agar bisa bekerja dengan benar tanpa mengalami kendala sama sekali. Secara umum, sisem pada mesin genset dibagi jadi 3 yakni sistem pelumasan, sistem pendinginan serta sistem bahan bakar.

Apa Itu Sistem Pelumasan?

Sistem pelumasan berfungsi untuk membantu mengurangi hasil getaran di antara komponen yang bergerak sekaligus membantu membuang kalor, jadi seluruh bearing serta dinding dari tabung silinder akan diberi minyak pelumas.

Ada pun cara kerja dari sistem pelumasan adalah minyak akan dihisap dari bak minyak pertama oleh pompa minyak kedua lantas disalurkan dengan menggunakan tekananan pada saluran pembagi setelah lebih dahulu melalui sistem pendingin serta saringan minyak pelumas.

Dari saluran pembagi tersebut, minyak pelumas akan disalurkan sampai ke tempat kedudukan bearing-bearing pada poros engkol, ayunan serta poros jungkat. Sedangkan saluran lainnya akan memberi minyak pelumas pada nozzle penyemprot maupun sprayer yang akan menyemprotkannya pada dindingdalam dari piston sebagai proses pendingin.

Minyak pelumas yang berasal dari bearing utama serta bearing di ujung akan melumasi dinding dari tabung silinder. Setelah itu, minyak pelumas yang mengalir pada tempat pelumasan akan kembali lagi pada bak minyak dari saluran baru kemudian dihisap pompa minyak untuk selanjutnya diteruskan lagi.

Sistem Bahan Bakar

Mesin genset bisa bekerja sebagaimana mestinya karena telah diisi oleh bahan bakar. Maka dari itu, ketika mesin genset tidak menyala, coba perhatikan indeksi bensinya, apakah masih penuh atau sebaliknya.

Pada sistem bahan bakar, kita akan menemukan banyak komponen, mulai dari pompa penyemprot bahan bakar, pompa tangan untuk bahan bakar, penutup bahan bakar yang bekerja secara otomatis, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar untuk penyaringan di awal dan di akhir, tanki, injector, pipa peluap, pipa pengembalian bahan bakar dan terakhir adalah pipa bahan bakar bertekanan tinggi.

Sistem Pendingininan

Pada radiator terjadi proses pemindahan kalor dar air cooler ke udara yang melalui celah radiator oleh dorongan kipas angin. Ketika genset dijalankan serta suhu bahan pendingin terlalu rendah, maka thermostat akan dipaksa kembali pada pompa. Dengan itu, air akan lebih cepat meraih suhu yang dibutuhkan untuk operasional. Bila suhu tercapai maka otomatis air pendingin akan melakui jalan dari sirkulasi yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *