Prinsip Kerja Autoclave

Autoclave adalah salah satu alat yang digunakan di laboratorium. Autoclave digunakan untuk mensterilkan alat-alat atau bahan yang ada di laboratorium. Prinsip kerja alat ini hampi sama dengan pinsip kerja kukusan (alat yang dipakai untuk mengukus/memasak nasi) hanya saja autoclave memiliki tekanan sehingga dapat menghasilkan panas yang tinggi. Hal ini bertujuan untuk dapat menyempurnakan proses sterilisasi. Tahap sterilisasi sendiri cukup singkat yakni dengan menggunakan suhu 121o C selama 15 menit untuk proses sterilisasi namun waktu keseluruhan mulai dari pemanasan awal hingga kenaikan suhu sampai proses pendinginan memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Autoclave utamanya ditujukan untuk membunuh endospora. Endospora merupakan sel resisten yang diproduksi oleh bakteri. Sel ini sebenarnya tahan terhadap pemanasan, kekeringan serta antibiotik. Pada spesies serupa endospora bisa bertahan pada kondisi lingkungan yang dapat membunuh sel vegetatif bakteri. Endosproda bisa dimatikan pada suhu 100 o C yang merupakan titik didih pada atmosfer. Dengan suhu 121o C tentu akan lebih mudah mematikannya, selang waktu yang diperlukan sekitar 4-5 menit. Untuk sel vegetatifnya dapat mati dalam waktu 6-30 detik saja.

Untuk perhitungan waktu dengan autoclave ini dimulai sejak suhu didalam autoclave mencapai 121o C. Untuk mencapai suhu tersebut juga tergantung apa yang sedang disterilkan, jika benda yang akan disterilkan cukup tebal dan banyak maka akan mempengaruhi cepat lambatnya suhu menuju 121o C. Perpanjang waktu juga akan terjadi jika semakin besar volume benda yang disterilkan untuk mencapai suhu sterilisasi. Untuk lebih lengkapnya berikut ini mengenai prinsip kerja dan cara kerja autoclave.

Prinsip Kerja Autoclave

  • Pada waktu sumber panas dinyalakan, air dalam autoclave lama kelamaan akan mendidih.
  • Uap air yang terbentuk akan mendesak udara keluar sehingga menggantikan didalamnya.
  • Setelah udara keluar dan diisi uap panas , katup udara ditutup sehingga tekanan udara dalam autoclave naik.
  • Saat tekanan uap dan suhu sudah sesuai maka dimulailah proses sterilisasi dengan timer mula dihitung mundur.
  • Setelah proses sterilisasi telah selesai, sumber panas dimatikan tunggu hingga suhu turun hingga 0o


Cara kerja autoclave

  • Sebelum melakukan proses sterilisai cek dulu banyaknya air dalam autoclave. Jika volume air masih kurang maka segera tambahkan air hingga batas yang telah ditentukan. Pakailah air hasil destilasi agar tidak mengerak dan karat.
  • Masukan benda atau alat yang akan disterilkan, jika ada botol yang bertutup ulir maka kendorkan tutupnya.
  • Tutup autoclave dengan rapat hingga tidak ada ruang untuk keluarnya uap. Kencangkan baud klep pengaman. Namun klep pengaman jangan dikencangkan terlebih dahulu.
  • Nyalakan autoclave kemudian atur timernya dengan waktu minimal 15 menit pada suhu 121o C
  • Tunggu sampai ai mendidih hingga uapnya memenuhi kompartemen autoclave hingga terdesak keluar dari klep pengamanan. Kemudian barulah kencangkan klep pengamanan. Penghitungan waktu dimulai saat mencapai tekanan 2 atm (15 menit)
  • Tunggu alarm sampai berbunyi menandakan proses telah selesai , kemudian tunggu tekanan kompartemen turun hingga di angka nol. Lalu klep-klep pengaman dibuka, keluarkan isi didalamnya.
  • Sudah cukup paham mengenai autoclave, prinsip kerja dan cara kerja autoclave. Untuk jenis autoclave ini ada 3 jenis autoclave yaitu gravity displacement, prevacuum atau high vacuum,dan steam-flush pressure-pulse. Yang membedakan ketiganya hanya terletak cara menghilangkan udara didalam autoclave.

Dari jenis tersebut, untuk ukuran autoclave juga memiliki volume yang berbeda-beda mulai dari yang berukuran, 16 liter, 35 liter, 50 liter ada juga yang 100 liter. Untuk masing masing ukuran autoclave juga memiliki harga yang berbeda-beda. Seperti untuk harga autoclave 50 liter lebih murah dibandingkan dengan autoclave 100 liter. Sebaliknya untuk harga autoclave 50 liter lebih mahal dari pada autoclave yang berukuran 16 liter. Semakin besar volume autoclave yang ada maka semakin tinggi harganya. Untuk lebih jelasnya anda bisa datang ke toko alat kesehatan yang jual autoclave dengan berbagai ukuran untuk menanyakan berapa harga autoclave paling murah.

Sekian sedikit informasi mengenai autoclave, prinsip kerja, cara kerja dan sedikit gambaran mengenai harga autoclave semoga bisa menambah wawasan bagi semua terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *