Seputar Veener Gigi Yang Harus Anda Ketahui

Veneer gigi merupakan salah satu langkah medis dalam dunia kedokteran gigi yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan tampilan gigi pasien dgn teknik tempelkan veneer di sisi depan gigi. Veneer bisa tutupi kekurangan pada gigi pasein, misalnya masalah warna gigi, bentuknya serta ukuran pada gigi yg tidak cocok dgn impian pasien. info dokter gigi di palu

Veneer kebanyakan dibuat dari proselen ataupun dari resin, serta bakal melekat di gigi pasien secara permanen. Tidak sama dgn teknik crown gigi atau implan gigi, veneer cuma tutupi sisi depan gigi saja, tdk merubah seluruh gigi yang ada. Kalau Implan gigi kaan merubah gigi sampai ke akar-akarnya, sedang crown gigi akan menutupi semua sisi mahkota gigi, bukan hanya sisi depan saja.

Veener Gigi

Langkah yang dilakukan untuk pasang veneer gigi pada pasien bisa dilaksanakan dengan prep atau no-prep atau sedikitnya prep. Cara pasang veneer gigi prep, sisi gigi yang bakal dipasangi veneer akan digerus terlebih dulu sampai menggapai susunan bawah enamel gigi supaya veneer terpasang dgn baik.

Gigi yang digerus bakal berganti bentuk dengan cara permanen serta kerap langkah ini cukuplah memberikan rasa sakit, hingga mesti diberikan anestesi atau bius lokal agar pasien tidak merasakannya. Sedang untuk pasang veneer gigi no-prep cuma merubah dikit enamel gigi serta tidaklah sampai menggerus sisi bawah enamel gigi. Pemasangan veneer gigi no-prep tdk butuh pemberian bius lokal.

Veneer gigi kebanyakan dimanfaatkan pasien untuk urusan kosmetik serta membuat tampilan lebih percaya diri. Dgn veneer, warna gigi bisa jadi cerah, dan bisa membuat senyum seorang lebih simetris. Veneer gigi dapat pula dilaksanakan untuk melakukan perbaikan:

Veneer tdk dapat dipasang secara asal-asalan saja pada setiap orang. Untuk pasang sebaiknya konsultasikan dulu ke praktek dokter gigi profesional di daerahmu karena tidak semua orang bisa dipasangi veneer gigi.

Butuh diingat jika langkah veneer gigi adalah langkah ireversibel dimana apabila sepanjang proses veneer gigi ada perubahan yg terjadi pada bentuk gigi, maka pergantian itu tidak bisa dikembalikan kebentuk sebelumnya.

Kemungkinan yang lain yaitu gigi yang di veneer akan tambah peka dari gigi yang lainnya belum di veener sebab pada proses pengerjaan veener ada pengikisan enamel gigi yang terjadi saat proses veneer gigi dilakukan.

Hilangnya lapisan enamel pada gigi bakal membuat sisi dlm gigi akan menjadi lebih peka pada apa saja disekitarnya, misalnya minuman atau makanan yang penyajian dalam keadaan dingin atau panas.

Veneer juga dapat alami kerusakan spt halnya gigi yang lain. Untuk pasien khusus yang mempunyai kebiasaan menggeretak gigi, sangatlah tdk disarankan untuk melakukan prosedur veneer gigi.

Sebelum dilaksanakan veneer gigi, pasien bakal melakukan proses cek awal. Ahli kesehatan gigi bakal melakukan evaluasi keadaan gigi serta mulut pasien untuk pastikan tdk ada tanda tanda masalah kesehatan pada gusi dan gigi, misalnya masalah gigi berlubang, masalah kesehatan gusi, dan persoalan perdarahan gusi, atau masalah kesehatan akar gigi. Ahli kesehatan juga lakukan photo Rontgen panoramik gigi untuk pastikan kesehatan gigi.

Selesai kontrol awal, gigi pasien bakal digerus terlebih dulu untuk menghilangkan susunan enamel gigi. Proses penggerusan ini dapat memakai bius lokal atau tanpa bius bergantung pada tipe venner gigi yang pasien inginkan. Gigi pasien yang bakal dipasangkan veneer akan diukur dgn memakai alat cetakan pribadi serta cetakan ini akan jadi basic pembuatan veneer yang bakal dipasang pada pasien.

Ahli kesehatan gigi dapat juga pastikan kerapian gigi supaya veneer yang dipasang bisa seirama dgn gigi yang lain. Sistem penyerasian gigi bisa dilaksanakan lewat pemasangan sementara kawat gigi. Durasi perakitan veneer gigi di laboratorium yaitu kira-kira 2-4 minggu.

Ahli kesehatan gigi bakal menjadwalkan untuk pemasangan veneer gigi dgn pasien. Langkah perdana pemasangan veneer gigi yaitu menyocokkan ukuran, bentuk, serta warna gigi dgn veneer gigi yang bakal dipasang. Apabila dibutuhkan, veneer gigi bakal dikikis hingga tampak alami terlihat. Selesai dicocokkan, ahli kesehatan bakal bersihkan permukaan gigi yang bakal dipasangi veneer dgn saksama untuk pastikan permukaan gigi bersih dari bakteri serta luput dari rusaknya.

Ahli kesehatan gigi bakal kerjakan penggerusan enamel gigi kembali, supaya permukaan gigi jadi kasar, hingga mempermudah veneer melekat di permukaan gigi serta melekat lebih lama.

Veneer lalu ditempelkan pada gigi memakai zat semen pribadi supaya melekat dgn kuat. Cahaya ultraviolet bisa dimanfaatkan untuk mendukung mengeringkan zat semen itu bertambah cepat. Proses pemasangan veneer ini kira-kira kira-kira 30 menit.

Kalau dirasakan telah melekat dgn baik, ahli kesehatan bakal kerjakan penyusunan veneer paling akhir untuk pastikan veneer melekat dgn baik serta buang zat semen yang tersisa. Ahli kesehatan bakal menguji kapabilitas menggigit pasien selesai dipasangi veneer. Ahli kesehatan juga mengendalikan agenda kontrol untuk pastikan veneer terpasang dgn baik.

Saat pemulihan pasien masa langkah veneer gigi tdk lama ketimbang aksi medis gigi yang lain. Pasien yang telah menjalani pemasangan veneer gigi langsung bisa melakukan aktivitas minum dan makan.

Pada sejumlah perkara, gigi yang baru ditempeli veneer bakal berasa aneh serta kasar. Ini umumnya datang dari sisa-sisa semen gigi yang melekat serta jadi kering di permukaan gigi.

Sisa-sisa semen itu bakal tergerus dgn sendirinya, akan tapi jikakalau masih tetap ada hingga beberapa hari, pasien bisa memohon pada dokter gigi yang menangani untuk menghilangkan bekas semen itu.

Veneer porselen kebanyakan bisa bertahan sampai 10-15 tahun sedang veneer komposit bisa bertahan sepanjang 5-7 tahun. Untuk mengawasi usia veneer, pasien bisa menempatkan beberapa langkah pemeliharaan, misalnya:

  • Janganlah memakai gigi untuk buka bungkusan.
  • Janganlah kunyah benda keras, misalnya es
  • Usahain tidak untuk kunyah makanan memakai gigi depan.
  • Menghilangkan adat jelek senang menggigit Jagalah gigi saat melakukan olahraga dgn kenakan pelindung mulut.

Demikian info mengenai seputar veener gigi, semoga info ini dapat bermanfaat buat anda.

info terkait : toko herbal makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *