Cara Dalam Pembuatan Paspor Online Melalui Aplikasi

Pada saat anda akan pergi ke luar negeri, tentunya salah satu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan oleh anda adalah paspor. Karena dengan menggunakan paspor ini, anda bisa berkunjung serta menetap di luar negeri dengan rentan waktu yang sudah ditentukan. Apalagi pada saat ini membuat paspor itu menjadi lebih mudah dan cepat, karena bisa dilakukan dengan cara online. Nah, untuk itulah dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang cara-cara dalam pembuatan passpor online melalui aplikasi sebagai berikut :

1. Unduh Aplikasi

Cara pertama untuk membuat paspor online melalu aplikasi, adalah anda harus mengunduh apalikasi Antian Paspor di Play Store. Tetapi sayangnya, aplikasi ini memang belum tersedia untuk penggunaan iPhone. Jika proses pengunduhan telah selesai, anda bisa melakukan langkah selanjutnya.

2. Melakukan Pendaftaran Di Aplikasi

Cara kedua untuk membuat paspor online, anda harus melakukan pendaftaran dengan meng-klik “Masuk” pada aplikasi. Setelah itu, anda akan diarahkan ke laman tersebut. Dan disinilah, anda harus mengisi semua data dengan benar. Setelah semua data telah lengkap, anda bisa login dan memilih jadwal pembuatan paspor.

3. Memilih Jadwal Pembuatan Paspor

Untuk langkah selanjutnya dalam pembuatan pasor online adalah memilih di mana anda akan membuat paspor, dan beserta memilih waktunya. Tetapi perlu diingat, bahwa setiap tempat pelayanan paspor memiliki kuota. Sehingga, anda harus memilih lokasi kantor pelayanan paspor lainnya jika ternyata lokasi awal yang dipilih telah penuh. Setelah melakukan login, anda bisa memilih lokasi kantor pelayanan paspor yang diinginkan pada laman ini. Dan jika kuota di lokasi belum penuh, anda bisa langsung memilih waktu pengurusan paspor.

Anda bisa memilih di antara ketiga pilihan waktu yang telah tersedia di laman tersebut, dan jangan lupa untuk datang paling tidak 15 menit lebih awal. Hal ini dikarenakan, anda harus menyerahkan berkas persyaratan paspor sebelum dipanggil untuk melakukan wawancara dan pengambilan foto. Selain itu, berkas harus dicek oleh petugas sebelum anda dipanggil untuk melakukan proses selanjutnya.

Setelah proses ini selesai, anda bisa melihat jadwal pada laman User (pengguna). Lalu klik “Lihat Jadwal”, untuk mengecek lokasi pelayanan paspor dan waktu pengurusan paspor. Dengan adanya jadwal ini, anda bisa mendapatkan QR code yang nantinya harus anda tunjukkan kepada petugas pelayanan paspor.

4. Kunjungi Kantor Imigran/pelayanan Paspor

Untuk melayani banyaknya permintaan pembuatan paspor, pihak imigrasi telah membuka beberapa kantor pelayanan paspor di berbagai titik lainnya. Dengan begitu, jika kouta di kantor imigrasi penuh anda juga bisa memilih kantor pelayanan pasporlannya. Sehingga, anda harus pastikan untuk mengunjungi kentor imigrasi yang telah dipilih di aplikasi pembuatan paspor online sesuai dengan tanggal yang telh anda tentukan.

5. Foto, Vertifikasi Berkas, Pengambilan Biometrik Dan Wawancara

Di kantor imigrasi, anda perlu mengantri untuk melakukan wawancara mengenai tujuan anda membuat paspor. Setelah itu, foto anda akan diambil bersamaan dengan vertifikasi dokumen serta pengambilan biometrik seperti sidik jari. Dan setelah selesai proses foto dan wawancara, anda akan diberikan bukti pembayaran dengan nomor rekening dan kode untuk membayar paspor.

6. Pengambilan Paspor

Setelah 3 atau 4 hari melakukan proses tersebut, anda akan kembali datang ke kantor imigrasi untuk pengambilan paspor. Perlu untuk diingat bahwa jangan menunda untuk pengambilan paspor, karena pihak imigrasi sudah menyiapkan paspor-paspor yang sudah siap diambil sesuai dengan hari yang telah ditentukan.

Mudahkan? Nah bagi anda yang ingin membuat paspor secara online dengan lebih mudah dan cepat, anda bisa menggunakan cara-cara seperti yang diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *