Kegunaan Alat Tulis Di Kehidupan Sehari-hari

Alat tulis sangat berperan dalam menunjang kehidupan kita. Dengan perlengkapan alat tulis, anak-anak dapat belajar dengan lebih mudah dan nyaman. Tak hanya untuk anak sekolah saja, orang dewasa yang bekerja di kantoran tentu juga sangat memerlukan alat tulis untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Untuk melengkapi kebutuhan alat tulis baik untuk semua kalangan, banyak yang menyediakan berbagai alat tulis.

Alat tulis adalah peralatan yang dipergunakan untuk menuliskan atau menorehkan tanda atau bentuk diatas suatu permukaan. Alat ini biasanya digunakan dengan menggunakan tangan dan mengandung zat pigmen untuk mewarnai permukaan. Permukaan yang biasanya digunakan adalah permukaan berpori-pori untuk menyerap pigmen, diantaranya adalah jenis kertas, plastik, kaca, kayu dan lain-lain. Alat tulis terdiri dari atas berbagai jenis, namun jenis yang paling umum ditemui adalah pensil, bolpoin, pena, spidol serta kapur tulis.

Alat tulis yang dijual pun tidak hanya yang model standar. Tapi juga ada yang berbentuk lucu, unik dan menarik. Sangat cocok untuk menarik minat belajar anak-anak. Kamu bisa membelinya secara ecer maupun grosir. Ada harga spesial disediakan jika kamu membelinya dalam jumlah banyak. Alat tulis apapun lengkap tersedia dan bisa dipesan online secara gampang.

Kelengkapan alat tulis menjadi penunjang kebutuhan semua orang karena dengan kelengkapan yang tersedia, memudahkan anak untuk menerima dan mencatat yang diperlukan. Seperti halnya alat tulis sekolah. Semua alat tulis tersebut tersedia berbagai merk dan motif yang unik. Tentu akan sangat memudahkan untuk memenuhi kebutuhan alat tulis di manapun berada.

Pensil

Pensil biasanya sebutan alat tulis yang mengandung grafit sebagai pigmen. Grafit sebagai pigmen. Grafit dibungkus oleh kayu, namun pada saat ini, pembungkus grafit bisa berupa kertas keras maupun sejenis karet lentur. Selain itu, saat ini, pensil mekanik dipergunakan dengan luas. Pensil mekanik adalah alat tulis yang memiliki alat mekanik di dalamnya untuk mengatur pengeluaran grafit dan dapat diisi ulang.

Pena

Awalnya, dibentuk dari bulu angsa yang dipotong meruncing dibagian ujungnya dan sebelum menulis harus dicelupkan ke dalam tinta terlebih dahulu. Pena modern saat ini tidak lagi terbuat dari bulu angsa, namun terbuat dari plastik, stainless steel, kuningan dengan ujung lancip serta memiliki selongsong tempat penyimpanan tinta sehingga tidak diperlukan lagi pencelup ke dalam tinta. Beberapa jenis pena saat ini juga dapat merupakan alat untuk menunjukkan kelas sosial pemiliknya. Pena berharga seringkali hanya digunakan untuk membubuhkan tanda tangan.

Bolpoin

Adalah perkembangan dari pena, namun memiliki ujung membulat seperti bola yang berguna untuk menjangkau pengeluaran tinta. Bolpoin lebih sering digunakan untuk keperluan menulis sehari-hari. Alat tulis yang memiliki ujung lunak untuk menulis. Spidol lebih sering digunakan untuk keperluan khusus atau menggambar. Memiliki tinta khusus yang mengandung alkohol disimpan dalam sejenis busa yang dapat mengatup jika terpapar udara terus menerus.

Alat tambahan

Selain alat tulis telah disebut di atas, terdapat pula penghapus yang gunanya untuk melakukan perbaikan terhadap kesalahan yang dilakukan dengan menggunakan pensil. Penyerut pensil digunakan untuk menajamkan ujung pensil sehingga menghasilkan tulisan yang lebih rapi. Penggaris, selain digunakan sebagai alat ukur juga digunakan untuk membantu dalam pembuatan garis pada tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *