Seperti Inilah Manfaat Susu Kambing Etawa Yang Jarang Kita Ketahui


Pada awalnya, sebagian besar masyarakat kita memang belum terlalu familiar dengan jenis kambing etawa. Namun, belakangan ini nama kambing etawa mulai terkenal dikalangan masyarakat luas, dikarenakan susunya yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, tak sulit bagi kita untuk menjumpai susu kambing etawa di pasaran maupun di situs-situs online shop. Lantas, manfaat apa sajakah yang akan kita dapatkan setelah mengkonsumsi susu kambing etawa? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat susu kambing etawa, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Dapat Memperbaiki Sistem Pencernaan

Manfaat pertama dari susu kambing etawa yang harus kalian ketahui, yakni dapat memperbaiki sistem pencernaan. Ya, hal itu dikarenakan susu kambing etawa kaya akan kandungan serat dan mineral, yang tentu saja sangat bagus untuk sistem pencernaan. Lain halnya dengan susu sapi, yang memiliki protein kompleks yang dapat membuat alergi pada orang-orang tertentu.

2. Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, tentu saja sangat tidak baik untuk kesehatan. Pasalnya, hal tersebut dapat memicu berbagai jenis penyakit seperti hipertensi (darah tinggi) hingga penyakit jantung lho. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena susu kambing etawa dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Berdasarkan dari hasil penelitian, susu kambing etawa memiliki kandungan asam lemak antimikroba sebanyak 37 %, yang lebih banyak ketimbang asam lemak pada susu sapi yang hanya mencapai 19 % saja. Nah, kandungan asam lemak tersebutlah yang bertugas untuk menurunkan kadar kolesterolnya.

3. Memelihara Kesehatan Tulang

Sama halnya dengan susu sapi, susu kambing etawa juga memiliki manfaat yang dapat memelihara kesehatan tulang. Bahkan, kandungan fosfor pada susu kambing etawa ini dapat membentuk tulang dengan baik lho. Mengkonsumsi susu kambing etawa secara rutin dan teratur, itu artinya kamu akan terhindar dari penyakit osteoporosis alias keropos tulang. Adapun mengenai kandungan lain yang dimilikinya seperti potasium, kalsium, kalium, niacin, asam folat, vitamin B12, dan selenium.

4. Bagus Untuk Kesehatan Mata

Tak banyak orang yang tahu, bahwa susu kambing etawa ini sangat bagus untuk kesehatan mata. Padahal, susu kambing etawa kaya akan kandungan vitamin A yang dapat memelihara kesehatan mata serta meningkatkan daya penglihatan mata lho.

5. Mengobati Penyakit Diabetes

Manfaat berikutnya dari susu kambing etawa yang harus kalian ketahui, yakni dapat mengobati penyakit diabetes. Ya, hal itu dikarenakan ia memiliki kandungan A2 – Betakasein dan asam amino essensial, yang efektif untuk mengobati penyakit diabetes. Nah, agar proses penyembuhan diabetesnya lebih maksimal lagi, disarankan bagi kamu untuk mengkonsumsi susu kambing etawa secara rutin dan teratur.

6. Mengatasi Masalah Gangguan Pernafasan

Selain ampuh dalam mengobati penyakit diabetes, ternyata susu kambing etawa juga sangat ampuh dalam mengatasi masalah gangguan pernafasan seperti asma, bengek, dan lain sebagainya. Bagi kalian yang memiliki masalah gangguan pernafasan, maka minumlah susu kambing etawa ini sebanyak 2 gelas dalam seharinya.

7. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Susu kambing etawa banyak mengandung zat flourin yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Itulah beberapa manfaat dari susu kambing etawa yang jarang diketahui oleh orang-orang. Setelah mengetahui manfaatnya, tentu saja kamu wajib mengkonsumsi susu kambing etawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *