Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Efektif

Plek pada gigi atau yang biasa disebut karang gigi, selain menjijikan, gigi menjadi kuning dan tidak menarik, namun juga bisa menyebabkan bau mulut. Maka dari itu, gigi anda harus selali dibersihkan agar supaya tidak ada plek atau karang gigi yang menempel. Lalu bagimana cara membresihkannya? Berikut cara membersihkan karang gigi secara efektif :

1. Hindari Atau Kurangi Merokok

Mungkin anda sudah mengetahui bahaya yang disebabkan oleh rokok. Selain bisa memicu penyakit mematikan, kandungan zat-zat berbahaya yang terdapat dalam rokok ini bisa menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang diakibatkan oleh sisa-sisa makanan. Untuk itu maka sebaiknya anda mengurangi untuk merokok, dan akan lebih baik lagi kalau anda bisa menghindarinya.

2. Rajin Menggosok Gigi

Seperti yang sudah diketahui, bahwa memang sangat dianjurkan untuk menyikat gigi 2 kali sehari. Namun bukan hanya dilakukan 2 kali sehari saja, anda juga sangat dianjurkan pula untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa semua gigi anda itu telah tersikat dengan rata.

3. Menggunakan Pasta Gigi Dengan Flouride

Supaya gigi anda benar-benar bersih dari sisa makanan secara sempurna, maka sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Karena fluoride ini mampu mencegah plak atau karang gigi ini berkembang. Bukan hanya flouride, anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung triclosan, zinc citrate, dan pyrophosphates. Karena kandungan-kandungan tersebut mampu untuk menghilangkan noda kekuningan serta plak dengan lebih efektif.

4. Flossing

Flossing ini merupakan salah satu cara untuk membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Namun, bukan benang sembarangan tentunya, tetapi benang khusus gigi. Dengan cara flossing ini, sehingga plak yang ada di sela-sela gigi anda akan bisa terjangkau dengan lebih mudah.

5. Menggunakan Mouthwash

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan moutwash atau obat kumur pembersih mulut. Cara ini dilakukan sebagai tambahan serta sebagai cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi flouride dan flossing.

6. Tidak Makan Sembarangan

Cara lainnya yang bisa anda lakukan supaya tidak memperparah karang gigi atau untuk mencegah terjadinya karang gigi adalah dengan tidak makan sembarangan. Karena bakteri yang ada di mulut tentunya berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut anda. Apalagi ketika anda mengkonsumsi makanan manis serta bertepung, yang akan memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Perlu anda ketahui, bahwa ketika bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung itu, maka mereka akan mengeluarkan zat asam.

7. Memperhatikan Diet Anda

Pola makan dan pemilihan makanan anda selama ini mungkin bisa menjadi salah satu penyebab munculnya karang gigi, dengan semakin banyak anda mengkonsumsi makanan manis. Maka akan semakin banyak bakteri atau kuman lainnya,yang bersarang di dalam mulut anda. Makanan yang mengandung gula yang tinggi, merupakan makanan yang paling disukai oleh bakteri. Oleh kareta itu, sebaikya anda menghindari untuk mengkomsumsi makanan manis dan perbanyaklah untuk mengkonsumsi air putih setelah makan.

Selain cara-cara tersebut, anda juga bisa mencegah karang gigi dengan melakukan cara memijatan gigi dan gusi sebagai berikut :

– Langkah pertama, cucilah tangan dengan bersih. Kemudian, gunakan jari telunjuk untuk memijat gigi dan gusi anda.

– Lalu ambillah sedikit pasta gigi dan letakkan di atas telunjuk anda.

– Setelah itu, tekanlah gusi dengan jari telunjuk yang sudah ada pasta giginya. Lalu buatlah gerakkan melingkar di gigi dan gusi, dan pastikan anda tetap menekan gusi dengan lembut.

– Lakukan hal tersebut pada seluruh gigi dan gusi anda, hingga bagian dalamnya. Setelah itu, kumur-kumurlah dengan menggunakann air bersih.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan karang gigi secara efektif. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *