Fakta Menarik Seputar Cuci Tangan

Pada dasarnya, cuci tangan itu merupakan kegiatan yang sangat penting dalam urusan memelihara kesehatan tubuh. Akan tetapi, tak sedikit dari masyarakat kita yang menganggap bahwa mencuci tangan itu adalah hal yang sepele. Alhasil, mereka pun jarang mencuci tangannya saat hendak makan. Padahal, mencuci tangan itu bukanlah sesuatu yang berat untuk kita lakukan. Berbicara soal mencuci tangan, ternyata ada bebera faktanya yang menarik untuk dibahas lho! Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini:

1. Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan?

Sebuah pertanyaan yang mendasar, mengapa kita harus cuci tangan? Ya, dikarenakan tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang kerap digunakan untuk menyentuh sesuatu seperti makan, menyapu, mengepel, berjabat tangan, dan lain sebagainya. Ketika tangan kita menyentuh objek-objek tersebut, tentu saja akan ada banyak kuman dan bakteri yang menempel. Kendati tanganmu terlihat bersih, namun kuman yang menempelnya itu bisa berjumlah jutaan lho! Bahkan, mencuci tangan dengan air saja tidak akan cukup untuk membersihkan kumannya. 

2. Dampak Yang Akan Kamu Rasakan Jika Malas Mencuci Tangan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa setelah tangan menyentuh sesuatu benda, maka akan ada jutaan kuman dan bakteri yang menempel. Dengan demikian, tentu saja hal itu akan menjadi ancaman yang serius bagi kesehatan tubuhmu. Lantas, apa yang akan terjadi jika kuman dan bakteri tersebut sampai masuk kedalam tubuh? Berdasarkan dari hasil penelitian, kuman-kuman pada tangan tersebut bisa memicu berbagai jenis penyakit seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), SARS, flu burung (H5N1), hingga flu babi (H1N1). Tak hanya itu saja, kuman-kuman tersebut juga bisa menyebabkan amandel, asma, diare, hingga radang tenggorokan.

3. Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Tangan

Kapankah kita harus mencuci tangan? Sejatinya, mencuci tangan itu lebih baik dilakukan setelah kita beres melakukan rutinitas. Namun, tak jarang dari mereka merasa malas untuk mencuci tangan, dan beranggapan bahwa dirinya akan baik-baik saja. Adapun mengenai waktu yang tepat untuk mencuci tangan seperti di bawah ini :

– Sebelum dan sesudah mengolah makanan

– Setelah buang air besar dan buang air kecil

– Setelah memegang tubuh hewan

– Setelah memegang benda yang menjadi fasilitas umum

4. Ketentuan Seperti Apakah Yang Berlaku Untuk Menujang Dalam Kegiatan Cuci Tangan?

Kebanyakan orang beranggapan bahwa mencuci tangan dengan air saja sudah cukup untuk membersihkannya. Padahal, cara mencuci tangan tidaklah sesederhana itu lho. Adapun mengenai tekniknya, yang dapat menunjang kegiatan mencuci tangan dengan baik dan benar seperti di bawah ini :

– Menggunakan air yang mengalir

– Menggunakan sabun

– Keringkan dengan menggunakan lap, tissue, atau kain

5. Tata Cara Mencuci Tangan Dengan Baik dan Benar

– Nyalakan keran airnya, basahi kedua telapak tangan hingga pergelangan tangan, ambil sabun dan gosokkan secara merata hingga berbusa.

– Untuk menghilangkan kuman, silahkan usap dan gosokkan kedua punggung tangan secara bergantian, sehingga tidak akan ada kuman lagi yag tersisa.

– Jangan lupa juga untuk membersihkan sela-sela tangan, kuku, dan ujung jari.

– Tahap yang terakhir, bersihkan pergelangan tangan secara bergantian dengan gerakkan memutar.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fakta menarik dari mencuci tangan, yang semoga saja bisa kita jadikan sebagai pelajaran!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *