Varian makanan Dan minuman Saat takjil Buka Puasa


Bulan Puasa atau bulan Ramadhan adalah suatu bulan yang dinanti nantikan banyak orang, terutama bagi umat muslim yang berada di seluruh dunia. Karena mengandung keberkahan bagi mereka yang menjalaninya dengan sungguh – sungguh. Selain itu masih banyak lagi yang bisa kita temukan saat bulan suci Ramadhan, satu diantaranya yang sangat identic dengan bulan puasa khususnya di negara Indonesia adalah hadirnya makanan dan minuman khas yang hanya ada di bulan puasa. Minuman atau makanan ringan ino biasa disebut dengan takjil. Ada bervarian minuman dan makanan yang selalu ada dan sering ditemukan. Beberapa diantaranya akan dirangkum dibawah ini.

Es Rumput Laut

Minuman yang satu ini banyak sekali dicari untuk melepaskan dahaga atau menciptakan kesegaran di tenggorokan. Biasanya es rumput laut tidak hanya berisikan Rumput laut saja biasa nya di satukan dengan buah buahan seperti pepaya, alpukat, melon dan kolang kaling atau Cincau.

Es Timun Suri

Saat bulan puasa tiba timun suri adalah buah yang menjadi primadona saat bulan puasa tiba. Kesegaran buah ini tidak hanya bisa kamu nikmati dalam segelas es timun suri saja lho. Soalnya timun suri juga sering dijadikan bahan campuran dalam beberapa jenis minuman lain seperti es buah. Selain segar, Timun suri juga mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kesegaran tubuh, saat seharian berpuasa.

Es Blewah

Minuman yang satu ini memang selalu ada diluar bulan puasa pun. Akan tetapi es buah merupakan salah satu minuman yang paling dicari saat bulan puasa. Tak heran jika minuman ini bisa menjadi pelepas dahaga saat berbuka puasa setelah seharian menahan dahaga. Kesegaran potongan buah dan dinginnya kuah dan es buah dari gula dan susu kental manis.

Es Kelapa Muda

Es yang satu ini tidak ada yang bisa menolak kesegarannya, Apalagi disajikan pada buah kelapanya langsung. Dijamin dahaga selama seharian berpuasa langsung tersingkir dengan meminum es kelapa muda. Selain kesegaran nya Air kelapa muda memang diketahui mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

Es Campur

Selain nikmat dan kesegaran potongan buah alpukat, ditambah daging kelapa muda yang bertekstur dan mempunyai rasa yang khas, Potongan cincau hitam, Mutiara merah, Kolang kaling dan potongan buah nangka tentunya akan memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya apalagi setelah berpuasa selama seharian. Selain segar buah buahan juga kaya serat yang bisa membuat pencernaan mu kembali lancar.

Kolak

Kolak merupakan takjil yang paling hits. Hidangan yang satu ini menjadi salah satu yang khas di bulan puasa.  Kolak biasanya berbahan dasar pisang atau bahan dasar ubi dengan kuah santan yang manis. Bisa dihidangkan dingin maupun hangat yang pastinya langsung mengganjal perut setelah seharian berpuasa.

Es Teh

Inilah minuman yang selalu jadi andalan ketika bingung memilih takjil untuk berbuka puasa. Kesegaran yang dimiliki es teh yang bisa sangat mudah kita buat dirumah, dengan mencelup kantong teh sariwangi dengan air panas lalu ditambah es. Bisa juga menambahkan gula agar manis atau menambahkan lemon untuk menambahkan kesegaran. Pastilah dengan meminum es teh dahaga kamu akan menghilang setelah seharian berpuasa. Selain bisa dibuat dengan dingin Teh juga bisa disajikan dengan air hangat ditemani pisang goreng yang pastinya membuat takjil lebih nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *