Museum Di Indonesia Cocok Dijadikan Study Tour

  • Museum Angkut – Batu

Museum Angkut dikenal bersama dengan koleksi transportasinya, baik di Indonesia maupun level dunia. Berbagai macam jenis transportasi sanggup anda temui di sini, merasa berasal dari sepeda, mobil, kapal hingga pesawat.

(Baca juga : Wisata di Bogor)

Museum Angkut ini digadang sebagai museum transportasi pertama dan terbesar di semua Asia Tenggara. Saking bagusnya, anda perlu siap-siap bersama dengan antreannya yang panjang sementara ke sini.

  • Museum Nasional Indonesia – Jakarta

Museum yang berada di pusat ibu kota Jakarta ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Museum ini termasuk sering dikenal sebagai Museum Gajah, sebab adanya patung gajah perunggu perlindungan Raja Chulalongkorn berasal dari Thailand pada 1871. Museum bergaya Eropa ini menyimpan lebih kurang 141 ribu benda-benda histori dan prasejarah berasal dari beragam periode.

  • Museum Fatahillah – Jakarta

Museum Fatahillah berada di Kota Tua Jakarta dan pernah jadi Balai Kota Jakarta pada zaman Batavia Lama. Pada 30 Maret 1974, gedung ini berpindah jadi museum yang berisi benda-benda peninggalan pada zaman tersebut. Di dalamnya tersedia total 23.500 benda bersejarah, baik didalam wujud asli maupun replika.

  • Museum Blanco Renaissance – Ubud

Bali tidak cuma jadi tempat hangout yang asyik, tetapi termasuk tempat yang kental bersama dengan karya seninya. Salah satunya adalah Museum Blanco Renaissance, yang didirikan oleh Antonio Blanco, seniman keturunan Spanyol.

Antonio telah berkeliling dunia demi mendalami pengetahuannya tentang kesenian. Hingga pada selanjutnya dia berhenti di Bali pada 1952. Di didalam museum ini, terdapat beragam macam karya lukisan yang pernah Antonio buat, sebelum meninggal dunia pada 1999.

  • Museum Ullen Sentalu – Yogyakarta

Terletak di Kabupaten Sleman, museum Ullen Sentalu menampilkan budaya dan peninggalan Jawa Kuno berasal dari para bangsawan semasa Dinasti Mataram. Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan berasal dari bhs Jawa “ulating blencong sejatine tataraning lumaku”, yang berarti “nyala lampu blencong (wayang kulit) merupakan saran manusia didalam melangkah dan meniti kehidupan”.

  • Museum Tsunami Aceh – Banda Aceh

Ini merupakan museum simbolis yang dibikin sebagai rasa hormat atas kejadian bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 lalu. Museum ini sekaligus jadi pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat, kalau berlangsung bencana sama lagi. Dirancang oleh Ridwan Kamil, bangunan ini memiliki ruangan yang dimaksudkan untuk menghormati para korban tsunami bersama dengan memajang nama mereka di semua dinding.

  • Museum Siwalima – Ambon

Museum ini terdapat di Teluk Ambon, yang mengakibatkan tempat ini makin eksotis. Siwalima berasal berasal dari kata ‘siwa’ disita berasal dari kata Ulisiwa yang berarti sembilan dan ‘lima’ disita berasal dari Patalima yang berarti lima. Ribuan koleksi tentang kelautan, geologi, biologika, dan tetap banyak yang lainnya berasal dari Maluku tersedia di didalam sini.

  • Museum House of Sampoerna – Surabaya

Bangunan yang dulunya merupakan gedung pentas ini dimiliki oleh manufaktur rokok terbesar di Indonesia, Sampoerna. Di dalamnya, anda bakal menemukan kumpulan rokok-rokok berasal dari pertama kalinya dibikin hingga rokok modern masa kini.

Dari lantai dua, anda sanggup memandang sistem bagaimana rokok dibikin berasal dari pabrik Sampoerna yang terdapat di sebelahnya. Tidak cuma museum, tetapi tempat ini termasuk sediakan kafe bagi anda yang penat berkeliling.

  • Museum Geologi – Bandung

Bagi anda yang tertarik bersama dengan dinosaurus dan fosil zaman purba, maka museum satu ini cocok untukmu. Bangunan ini dulunya dijaga oleh JICA Jepang (Japan International Coorperation Agency). Diresmikan pada 23 Agustus 2000, Museum Geologi dijadikan tempat untuk kepentingan penelitian dan pendidikan.

Sejumlah koleksi dan materi tersedia di sini, utamanya tentang bersama dengan dunia geologi seperti bebatuan, fosil, dan mineral serta kondisi natural alam. Misalnya seperti bencana alam hingga penggunaan sumber daya bumi.

  • Museum Rekor Indonesia – Semarang

Lebih dikenal bersama dengan nama MURI, museum yang terdapat di Semarang ini telah mencatat dan menyimpan sekumpulan rekor-rekor yang telah beragam orang Indonesia lakukan.

Sejak diresmikan pada 1990, antusias orang Indonesia untuk memecahkan rekor makin meningkat, baik didalam skala nasional maupun internasional. Kamu yang mengidamkan memecahkan histori juga, sanggup cek rekor-rekor yang telah tersedia di museum ini.

  • Museum Anak Kolong Tangga – Yogyakarta

Ini merupakan museum mainan pertama dan salah satu di Indonesia. Dibangun pada 2 Februari 2008 oleh Rudi Corens, Museum Anak Kolong Tangga ini merupakan ‘kekhawatiran’ pada anak-anak dan remaja yang cenderung melupakan budaya serta normalitas mereka di zaman now ini.

Kebanyakan mainan yang dikoleksi museum ini berasal berasal dari masa 90-an. Lebih berasal dari 16 ribu koleksi mainan, buku cerita, gambar, baik berasal dari didalam negeri dan beragam negara lainnya tersedia di sini. Cocok banget bikin anda yang mengidamkan bernostalgia masa kecilmu.

Artikel Terkait : Tempat Wisata Anak di Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *