ruang nicu

Sedikit Mengenal Ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit)

Ada banyak macam ruangan di rumah sakit, salah satunya yaitu Ruang NICU. Apa itu ruang NICU ? NICU merupakan kependekan dari Neonatal Intensive Care Unit. Kalau kita buang huruf “N”, maka akan berubah menjadi ICU. Nah, pada dasarnya NICU dan ICU memiliki fungsi yang sama, namun peruntukkannya berbeda. NICU adalah ruangan ICU yang khusus digunakan untuk pasien Neonatal (Bayi yang baru lahir).

Fungsi Ruang NICU

Diatas sudah kita jelaskan secara umum bahwa fungsi NICU sama dengan ICU yaitu untuk merawat pasien dengan super intensive. Hal ini tentu ada alasan tersendiri. Biasanya ada beberapa macam alasan yang membuat bayi baru lahir diharuskan dirawat di dalam ruangan ini.

  • Terlahir prematur dengan kondisi kesehatan yang kuarang baik
  • Bayi memiliki berat badan terlalu rendah
  • Bayi menampilkan ciri – ciri kelainan penyakit tertentu yang harus segera mendapatkan perawatan intensive

Peralatan Medis Di Ruang NICU

Ruang NICU tentu tidak bisa kita samakan dengan ruang rawat bayi biasa. Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan yang lebih banyak dan lebih lengkap dibandingkan dengan ruang rawat biasa. Hal ini jelas karena kondisi bayi yang dirawat juga berbeda. Berikut alat – alat yang tersedia di dalam ruang NICU

  • Inkubator
    Inkubator Bayi merupakan salah satu alat medis yang cukup penting dan harus ada di dalam ruangan ini. Memang tidak semua bayi prematur dirawat di dalam inkubator, namun di ruang NICU kebanyakan bayi dirawat di dalam inkubator. Alat ini bisa dibeli di toko inkubator bayi di seluruh Indonesia tentunya dengan spesifikasi yang sesuai standar.
  • Penghangat Bayi
    Berbeda dengan inkubator, infant warmer berfungsi untuk menghangatkan bayi yang mengalami hipotermia. Satu kondisi dimana suhu tubuh bayi belum mampu menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan.
  • Lampu Fototerapi
    Lampu ini berfungsi untuk mengatasi “bayi kuning”, yaitu penyakit yang dalam bahasa medis disebut dengan hiperbilirubinemia. Hal ini terjadi karena kadar bilirubin yang ada di dalam darah terlalu tinggi sehingga perlu dipecah dengan menggunakan lampu fototerapi ini.

Tenaga Ahli di Ruang NICU

Secara otomatis ketika sebuah ruangan dijaga secara intensive, pastinya terdapat tenaga medis yang ahli di bidangnya. Diantara bebrapa tenaga medis yang terdapat di dalam ruangan ini antara lain :

  • Dokter Ahli
  • Perawat Khusus
  • Dokter spesialis yang terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *